04/05/13

kenangan indah 2 tahun yang lalu..




ini foto salah satu gedung di Daar El-Qolam 2

hari ini, sabtu 4 mei 2013.. bertepatan dengan hari dimana dua tahun yang lalu aku berada di sebuah lemabga pendidikan islam yang telah banyak mengajarkanku serta mengenalkan ku akan dunia islam.. lembaga tersebut bernama Pondok Pesantren Daar El- Qolam..

hari ini pun aku tak dapat hadir tuk menyaksikan adik-adikku tercinta yang akan wisuda / haflahtu takhrij.. angkatan 38 Daar El-Qolam 1 dan angkatan 6 Daar El-Qolam 2 semoga berjalan dengan aman dan lancar, Amiin..


disanalah ku bernanung dalam dakwah islam, banyak hal baru yang kudapat disana, khususnya dalam bidang ilmu islam, baik dari segi fiqh dan ushul fiqh, faroidh, nahwu, sorof, serta banyak yang lainnya.. disamping itu pula banyak pelajaran umumnya.. yang pada akhirnya yakni ketika SMA dulu aku masuk jurusan IPS,...


aku masih sangat ingat guru Akuntansiku, yang mana beliau telah mengajar lama di pondok, yang aku tau dari angkatan 31 dulu juga beliau sudah mengajar Akuntansi, yaa.. beliau adalah Ustadzah Herlina..
kemudian juga Ustadzah Reni (guru ekonomi). serta wali kelas tercinta 6 IPS A yakni Ust. Indra Jaya


sungguh pengalaman yang banyak ku pelajari di sana, bagaimana seorang santri membagi waktunya dalam hal pelajarn serta aktivitas lainnya dengan sabik-baik mungkin..


roda kehidupan yang ku ingat yakni, pastinya pukul 04.00 subuh kami sudah di bangunkan tuk bersiap melakasnakan shalat subuh berjamaah.. seperti biasanya pagi hari sudah ada pemberian kosa kata asing yang baru baik itu Mufrodat ataupun Vocabulary tergantung minggu apa..


di samping itu bagi para kakak kelas, yakni kelas 4,5, dan 6 lebih sering biasanya dengan mengaji kitab kuning.. sungguh di pagi yang buta, mata masih tersayup-sayup berjuang tuk membaca kitab kuning.. wal hasil ... banyak yang tertidur hehehe... :) pengalaman yang ga bagus,, (jangan di tiru) he..


saat fajar menampakkan dirinya, aku pun segera bergegas tuk makan pagi serta mandi, mempersiapkan diri tuk bernagakat ke kelas..hidup ku di pondok itu setengah-setengah, maksudnya setengah di Daar El-Qolam (Mts)  dan setengah di Daar El-Qolam 2 (SMA) jadi sikulus kehidupannya berbeda.. sungguh rasa persaingan antar satu sama lain disana begitu terasa, baik yang menghafal Al-Qur'an, belajar mata pelajaran umum, serta pelajaran pondok.. seingetku dulu kalo ga salah total mata pelajaran pondok + pelajaran umum.... 26 mata pelajaran WOW.. its Amazing aku pun sendiri ga percaya... he.. tapi setelah di jalani its easy..


klo di Darqo 1 enggak ada yang namanya upcara pagi pada hari senin, kalo di Darqo 2 ada.. itu salah satu bedanya.. disini aku mau flashback ke Darqo 2 dulu..


ya hari senin.. upacara pagi hari, disana aku seperti santri baru, masih linglung karena tidak dari awal aku disana dan Darqo 2 itu sendiri baru, yang aku kaget ternyata upacaranya menggunakan bahasa wajib yakni Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. sungguh membuatku makin penasaran, betapa hebatnya Darqo 2, waktu itu aku kelas 4 D yang wali kelasnya Ust. Agus Rachmat, ternyata pada saat itu ada sedikit perombakan, yang akhirnya aku pun pindah ke kelas 4A yang wali kelasnya Ust. Khoirunasihin biasa di panggil Ust. Irun..


disanalah perjalananku di mulai.. manis, pahit, duka serta canda tawa bersama yang sulit tuk di lupakan, berbagai macam anak yang berasal dari berbagai daerah yang paling jauh setauku Aceh, Sulawesi serta kalimantan..


salah satu pengalaman yang tak terlupakan yakni JAMBLANG (Jambore Language) sungguh sangat mengesankan, kisahnya mungkin nanti akan saya share di lain waktu...


sebenernya hari ini tuh kangen pondok, dengan begitu runyamnya pikiranku ini, sebenarnya sangat ingin melepas penat dengan rindu akan pondok.. ga atu kenapa ya.. kalo di pondok tuh hati bisa tenang and adem..

cerita selanjutnya akan mengupas tempat paling nyaman di pondok.. yakni Masjid Asy-Syifaa... :)



To Be Continued......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar