17/10/12

Seputar Memori..


MEMORI

 

Memori adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Mengemudi mobil, mengingat nomor telepon, mengaitkan nama dengan wajah yang anda kenal-semuanya tidak mungkin dilakukan tanpa memori.

Memori ibarat arsip yang mengandung banyak potongan informasi tentang kehidupan anda. Ada tiga tipe memori. Pertama, memori yang sangat excat yang akan lenyap sangat cepat. Kedua, mengandung sejumlah besar memori umum yang bisa muncul kembali bertahun-tahun kemudian. Yang ketiga hanya pada sejumlah orang punya kemampuan fotografik memori (eidetic memory).


Dua Cara Penyimpanan Memori Utama
Setiap informasi baru di bawa ke penyimpanan memori jangka pendek. Pada umumnya, individu hanya bisa mengingat tujuh item yang tidak berhubungan. Misalnya, sebagian besar orang bisa mengingat nomor telepon tujuh digit. Sering melupakan satu atau dua digit jika nomornya lebih panjang. Supaya ingat memori baru, harus di ulang-ulang atau ada asosiasi dengan memori lama.

Pemanggilan Ulang Memori
Memori jangka pendek, sulit diingat hanya potongan informasi yang terakhir biasanya paling mudah dipanggil. Memori jangka panjang lebih cepat diingat, dari ribuan memori yang di simpan, dengan sistem pemanggilan yang efisien, sesuai dengan kemampuan otak orang tersebut.


Kesalahan Memori
Ada berbagai sebab terjadinya kesalahan memori dari kesalahan memori yang umum karena kerusakan otak, atau akibat apapun. Gangguan memori dari penyebab ini kadang-kadang permanen karena pada otak (berbeda dengan bagian tubuh lainnya) sel yang mati, tidak di bentuk sel yang baru.

Usia tua sering menimbulkan kegagalan memori karena otak sudah kurang efisien dalam menciptakan jalur memori yang baru. Inilah mengapa lansia sering dapat mengingat masa kanak-kanak , tetapi sangat pelupa tentang kejadian yang baru di alaminya, sifat pelupa yang umum ini berbeda dari yang disebabkan oleh penyakit Alzheimer, yang bukan proses penuaan normal.

Penyebab Psikologis
Kesalahan memori lainnya berasal dari penyebab psikologis. Misalnya, memori yang berhubungan dengan emosi yang sangat tidak menyenangkan bisa dilenyapkan sama sekali dari ingatan. Kondisi ini disebut represi karena pikiran menyensor pengalaman hidup yang paling sulit. Ini mencegah individu tyang trauma mengingat kembali peristiwa yang secara emosional terlalu menyakitkan untuk ditanggungnya.

Kehilangan ingatan, sebagian atau seluruhnya dinamakan amnesia. Pada beberapa kasus amnesia, keliatannya terapis konselor tidak perlu mencoba untuk dengan menggali memori yang hilang. Dengan menghilangkan stress yang menimbulkann amnesia, memori yang hilang sering dapat kembali dengan sendirinya. 

Kegagalan Memori Sehari-Hari
Ketika seseorang sedang tergesa gesa atau teralihkan perhatiannya, koma sedang stress, informasi yang ia terima tidak di simpan dengan benar dalam memorinya. Mengingat kembali memori tertentu barang kali merupakan tahap yang paling sering mengalami kegagalan. Disaat lain, orang tiba-tiba lupa apa yang akan ia latakan atau lakukan; ia tidak bisa mengingat karena ada gangguan agitasi dengan proses pemanggilan ulang. Hanya jika mereka menghentikan proses ini, kemudian rileks, dan mengalihkan perhatiannya ke sesuatu yang lain, memori yang dinginkan akan kembali.

Variasi Pada Efisiensi Memori
Tiap individu mempunyai variasi sendiri dalam memori. Dia tidak dapat mengingat tanggal, tetapi dapat mengingat tema music dengan mudah. Yang lainnya dapat dengan mudah mengingat wajah, tetapi tidak pernah bisa  mengingat temannya dengan benar.

Memori Dan Inteligensi
Perkembangan inteligensi sangat bergantung pada memori karena banyak yang berhubungan dengan fakta yang di pelajari dan pengetahuan akan arti, logika, dan alasan. Meskipun demikian, beberapa fase inteligensi mencakup akal sehat (common sense  ) lebih dari memori.

Meningkatkan Memori
Tidak banyak yang bisa dilakukan untuk memperbaiki ingatan jangka pendek. Sistem lain mencakup pemberian kode warna pada bagian materi yang berbeda-beda-misalnya, dengan warna-warna mencolok. Karena informasi yang dipelajari di kaitkan ke warna, pikiran akan memilah dan mengingatnya dengan lebih mudah. Akhirnya, informasi dapat diingat dengan asosiasi (mengaitkan kata, misalnya blanco  kata spanyol yang artinya “putih” dengan lembaran kertas kosong) atau dengan anagram (misalnya MKHBNUO dengan tujuh warna pelangi – merah, kuning, hijau, biru, nila, ungu, oranye).

Tugas Umum Memori
Tugas memori yang lebih umum- misalnya, mengingat plot suatu sandiwara atau berita di surat kabar- dapat dilakukan dengan mengorganisasi materi dibawah judul kecil yang mudah di ingat dan mengaitkan rincian denga peristiwa serupa. Meskipun hanya sepersepuluh dari kapasitas memori manusia yang pernah di gunakan, cukup pantas bila anda mencurahkan waktu dan upaya untuk dapat menggunakan memori dengan lebih baik.

Sumber : Buku Pustaka Kesehatan Popular (Psikologi) Jilid 2 Penerbit Indonesia Sehat 2010




Tidak ada komentar:



blog design

Share this PostShare to FacebookShare to TwitterEmail ThisPin ThisShare on Google Plus