21/06/14

Life Is a Game, Your Future in Your Hand.




Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh..
Bismillahirahmanirrahim..
Good Morning Every Body...
Shobahul Khair Ayyuhal Ashaab... :D

Lama berkutat dalam menulis note lagi nih.. banyak rasanya yang ingin aku tuangkan tapi selalu saja penyakit itu selalu menggangguku.. emang harus labih di mantepin lagi nih diri menjadi mandiri... semoga bisa hehe..

langsung aja ke topik pembahasan..

Apa sih permainan itu..? kalian pasti tau donk permainan itu apa.. bener enggak.. ? #soktau haha..

Ya.. permainan ya permainan lhoh he.. yakni sebuah kegiatan yang terjalin interaksi antar individu dengan maksud dan tujuan yang jelas dan biasanya bersifat kompetitif.. ada juga sih yang enggak kompetitif.. (ini sih arti menurutku hehe, ga tau kalo menurut para teoritikus.. :D)

Berapa banyakkah mainan yang pernah kalian coba, entah mainan tradisional ataupun modern..?

hayoo berapaa.. ??? jangan-jangan ga pernah lagi.... ah masa ga mungkin lah masa kecil anda suram banget sih wkwkwk.. #piss..

kalo di lihat dari perkembangan zaman permainan itu pun sendiri ikut berkembang, alias variatif. waktu dulu kecil mainan yang paling saya mainkan yakni tepok kartu sama kelereng hehe.. pasti lah wong cah lanang kok he.. klo perempuan ya ada bola bekel, karet, dan masih banyak lagi..

tau ga sih kalian ternyata permainan itu manfaatnya besar loh..? dan itu melatih kita dalam berinteraksi sama yang lainnya.. ini menurutku, hasil dari penyerapan ilmu yang ku dapat sih gitu..

contoh ya.. permainan benteng, kalian tau kan pastinya yakni permainan yang menjaga benteng kita dari serangan benteng musuh, dan juga menjaga temen-temen kita dari serangan musuh dan kita pun nyerang musuh dengan cara menangkap mereka dan membawanya ke benteng kita. Ya disitu bisa dilihat adanya iterkasi antar banyak orang selain itu juga perlu adanya pemhaman antar sesama anak, kamu jaga sana ya aku jaga yang sini dan lai seterusnya, dan intinya yang pingin aku ungkap sih permainan tradisional itu lebih banyak memberikan pelajaran bagi anak-anak. Yaah kalo dilihat permainan modern juga ada pelajarannya tapiiii....

Tapi ya itu, dari sisi sosialnya kurang mengena..? iya engga sih temen-temen...?
coba yuk kita lihat permainan modern, yang saya maksud disini ya permainan yang ada di PC, HP, dan alat elektronik lainnya, disana sangat jelas melatih kognitif anak, baik itu membuat strategi, ataupun yang lain. sebagai contoh diri saya aja deh.. (ups jadi curhat hehe..)..

contoh permainan yang pernah saya mainkan itu,.. kayak CS (Conter Strike), PB (Point Blank), CC (Criminal Case), dll.. lhoh kok banyak banget ya hehe.. ya inilah manusia.. #hidupitupilihan

kalo saya lihat permainan itu semua ada manfaatnya dan buruknya, terkhusus permainan online (game online), hal saya khawatirkan yakni dari permainan itu nantinya interkasi kita dengan orang lain berkurang, tau kenapa? ya karena interaksi kita dihabiskan bersama PC, ya tak apa sih karna #hidupitupilihan

mau tanya nih sama temen-temen.. kapan temen-temen terkahir kali bermain permainan tradisional hayo.. ??

kalo aku sih udah lama ga mane juga terakhir tahun lalu haha.. itu juga saya baru dengan permainan itu, karna di tempat saya enggak ada, namanya Dam-daman..
jadi mana hayo yang mau kalian mainkan.. klo aku sih keduanya hahahaha..

Tau kenapa, karena semua itu ada baik dan buruknya.. tinggal balik ke individunya.. itu menurtku,, entah kenapa sepertinya itu yang aku rasakan sekarang, saking banyaknya game yang saya mainkan jadi harus ngebagi waktu juga dengan tugas dan yang pastinya KULIAH tetap menjadi prioritas..
ya iyalah wong aku MAHASISWA hehe..

dan selingannya ya ngegame itu haha.. (curhat plus ngritik diri sendiri.)
bila kita menelaah lebih dalam lagi permaninan itu pasti memiliki sebuha makna tersendiri, coba kita lihat prosesnya. pastinya klo permainan itu ada musuhnya kan, nah musuh itu berarti hambatan yang harus kita lawan supaya kita menang dan melanjutkan ke level berikutnya (biasanya sih gitu hee..), entah ini sepertinya hanya berupaya menyangkut-nyangkutkan haha,,

Dalam surat Al-Ankabut :64

وَمَا هَٰذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ ۚ وَإِنَّ الدَّارَ الْآخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُ ۚ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahuinya.” (QS. Al Ankabut 64).

Nah bila kita lihat bahwa hidup itu kadang kala senang kadang kala sedih, kadang kala di atas kadang kala di bawah.. jadi emang hidup itu layaknya permainan, penuh dengan lika-liku, ya kalo enggak begitu hidup ini datar,itu yang aku pahami selama ini.

jadi yuk temen-temen sama-sama kita berupaya untuk terus memperbaiki diri, segala urusan di dunia ini kita mengahrapkan Ridho-Nya, tak untuk duniawi.. memang susah tapi kita tetep berusaha, semoga dengan akan hadirnya bulan suci Ramadhan tahun ini kita dapat memperbaiki diri kita.

#Hidupitupilihan teman-teman pasti sudah tau mana yang baik dan mana yang buruk.. Lets make the great choice on your life..

Salam hangat dari sang pengelana ilmu.. :D
bila ada yang salah mohon di koreksi, hanya ingin berbagi.. semoga bermanfaat.. :D

Marhaban Ya Ramadahan.. Marhaban Ya Ramadhan..


Akhirul Kalam..


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Tidak ada komentar:



blog design

Share this PostShare to FacebookShare to TwitterEmail ThisPin ThisShare on Google Plus