31/08/13

Renungan Kuliah Transisi #1



Tak terasa sudah sebulan lebih saya mengikuti kuliah transisi, yang mana kuliah transisi tersebut ada karena perubahan kurikulum pada prodi saya.

Satu hal yang saya cukup kaget pada transisi ini, yakni mengenai total sks yang kami terima yakni sbesar 14 sks, dari 5 mata kuliah. Banyak yang berpikir awalnya dari para orang tua dan teman kami mengmbil SP padahal bukan. Kuliah ini di mulai pada pertenghan bulan juli seingat saya, pada awal-awal kuliah masih terbilang lncar, tapi kok kesini-sininya agak gimna gitu hehe..

Selain itu pula dari 5 mata kuliah tersebut ada beberapa yang ckup menarik bila di telaah kembali, baik dari segi agama maupun non-agama. Terkait dengan core values UIN yakni Integrasi-Interkoneksi kami telah di perkenalkan konsep/kerangka berpikir konsep Pak Amin oleh dosen kami Pak Fajar, dari situ saya cukup amat tergugah akan bebrapa hal yang di paparkan oleh beliau walau ketika hasil UAS kluar tak bgitu sesuai dengan dugaan saya hehe..


ke lima mata kuliah pada masa transisi itu yakni, Akhlak Tasawuf, PLBA, SKIBL, Psi. Abnormal, Psi. Tasawuf. banyak hal dari kelima itu yang saya dapat, terutama ketika dlam mngerjakan soal UAS yang take home.. hehe.

#pindah ke topik lain..

ada seorang satpam berkata "pendidikan tinggi tak menjamin akhlak seseorang" dari kata-kata tersebut yg terdengar oleh saya, membuat diri saya merasa miris mndngr'a,, ya memang kenyataan'a begitu.. dari perktaan itu aku tersadar untuk introspeksi diri bagaimanakah dgn diri sya sndiri selaku seorang mahasiswa ??

kemudian aku berpikir kembali, apakah perkataan bapak tersebut pantas di ucapkan pada seorang mahasiswa dan menjadi pembicaraan khalayak?? mungkin iya.. mungkin juga tidak.. sepertinya ini kembali kepada individu masing-masing.. klo di pikir secara positif (ini menurut saya pribadi) ini dapt mnjadi sebuah tmparan bagi saya khususnya dan semuanya umumnya guna mengintrospeksi diri kita..

apakah sebuah kritik itu salah?? lagi-lagi tergantung orang.. dulu pernah saya melihat teman saya komentar kepda teman saya yang lain, eh kmu kok gitu bgt sih, itu kan salah tau.. udh ga usah di lakui lgi.. #temen saya yg melkukan pun mnjawab, idiihh sok bgt sih jdi orang loh.. ga usah muna (munafik) lah jadi orang sok suci bgt sih ga usah naif deh jadi orang.. mndengar jawabn tersebut hati saya merasa jleebb. berasa di tusuk kyk'a (walau blum pernah hehe)...

jadi apa lebih baik pak satpam tersebut diam saja trus mhasiswa ga sadar akan hal itu? atau harus bilang supaya sadar? atau hal tersebut sudah terlalu lumrah di kalangan mahasiswa??

#kembali ke topik kuliah transisi..

pada awal kuliah saya merasa berbicara dalam hati "kok nama makulnya agak-agak mirip ya??" eh ternyta bner.. saling nymbung satu sma lain.. contohnya ykni SKIBL dgn PLBA.. sama2 ada budayanya, yakni membahas suatu budya, klo d SKIBL lebih k budaya islam awalnya kmudian d lnjutkan ke Nusantara bsesrta kebudayaannya.. sedangkan PLBA mmbhas scara umum yg kaitannya lebih ke psikologi, sperti hub. budaya dgn kepribadian, emosi, perilaku, kognisi, persepsi, dan lain sebgainya yang mencakup pembicraan ruang lingkup Psikologi..

kemudian dari pembahasan PLBA itu sndri, membuat saya tersadar akan pentingnya memperhatikan budaya di skeitar lingkungan kita tinggal atau hidup. ada sebuah peribahasa yg berbunyi "dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung" selain itu pula ada pepatah Arab berbunyi "likulli maqamin maqolun wa likulli maqolun maqomun"... yaa.. manusia itu unik, memilki perbedaan individu apalagi dalam sebuah kelompok..

SEJARAH... ya itu merupakan cerita ataupun kejadian pada masa lalu.. yg pastinya kita dapat mengambil sebuah nilai dari sebuah sejarah.. Islam memiliki sejarah yang cukup lama.. walau tak selama kisah para yunani kuno.. selai itu pula dari sebuah sejarah kita tidak ingin mengalami hal buruk yg sama pada waktu dulu pada masa kini.. tujuan dari munculnya agama ini merupakan ingin mengangkat kemuliaan para manusia dan mulianya manusia di mata sang pencipta atau Tuhan Islam yakni Allah SWT di lihat dari ketakwaan seseorang..

dari kuliah disni bnyak hal baru serta ilmu baru yg saya dapt, dan ternyata kuliah ketika Bulan Ramdhan itu nyaman banget menurutku.. :D hehe..



#to be continued...

Tidak ada komentar:



blog design

Share this PostShare to FacebookShare to TwitterEmail ThisPin ThisShare on Google Plus