17/03/15

Sinopsis Novel RINDU



Belum lama ini saya baru saja selesai membaca novel dengan judul RINDU. Karangan Bang Tere, pasti kalian tau lah, yang belum segera baca ya heee..


Pernahkah kau membayangkan perjalanan haji menggunakan kapal laut ?

Pernahkah kau membayangkan berkumpul dalam satu tempat dengan orang yang berbeda-beda asal dengan satu tujuan?

Pernahkah kau membayangkan belajar mengaji dan sekolah di atas kapal laut ?

Dan masih banyak lagi, semua kan terjawab dalam novel RINDU. Ya, novel tersebut merupakan rangkaian cerita yang amat menakjubkan bagiku. Entah kenapa banyak pelajaran yang dapat di ambil dari kisah itu. Akhir-akhir ini sang penulis pun sudah berkeliling Indonesia menjadi pembicara bedah buku novel tersebut. Salah satunya kota yang sedang saya tinggali sekarang, Yogyakarta.


Hal pertama yang saya bayangkan dari judul tersebut pasti ceritanya banyak mengenai cintanya, ternyata tidak. Ketika membaca salah satu nama tokoh tersebut saya langsung terlintas tokoh dalam film “FROZEN”. Hal ini karena nama dari tokoh tersebut Ana dan  Elsa. Disertai cover buku yang biru muda. Coba bayangkan merekalah yang ada di novel itu, pasti lucu hehe.. (itu Cuma usul aja hee)




Lembar demi lembar terbaca, dan mulai saat itulah saya terbawa ke era zaman belanda. Suasananya masih mencekam, peraturan dari pihak belanda begitu ketat. Hingga seorang kakek tua pun di curigai habis-habisan oleh seorang tentara belanda. Memang benar beliau bukan sembarang orang. Beliau telah banyak menulis buku mengenai agama, telah menjadi seorang ulama masyhur di makassar pada zaman itu. Beliau adalah Ahmad Karaeng atau yang biasa di kenal dengan Gurutta.

Novel yang menceritakan perjalanan para muslim ke tanah suci mekkah. Sebuah petualangan yang sungguh luar biasa. Dapat berjumpa dengan orang-orang baru dari berbagai daerah. Menyaksikan hewan laut yang mengiringi lajunya kapal laut. Serta kehidupan sekolah di atas kapal laut. Semua itu di balut dengan rapi oleh sang penulis. Dan tak lupa juga terdapat kisah heroik oleh seorang pelaut. Dan tak kalah seru kisah romantis sepasamh kekasih. Mau lebih detailnya silahkan di baca hehe..

Kehebatan lain dari penulis disini membuat penasaran pembaca. Memang hal ini bukan hal asing lagi, namun hal ini terlanjur ketika penulis mengutarakan terdapat lima pertanyaan penting yang akan keluar di atas kapal laut ini. Itu yang membuatku makin penasaran untuk membaca. Setelah membaca pun, ingin rasanya saya berkonsultasi dengan Gurutta.
Sekian sekilas cerita dari novel RINDU tersebut.

--Selamat Beristirahat--

Tidak ada komentar:



blog design

Share this PostShare to FacebookShare to TwitterEmail ThisPin ThisShare on Google Plus